Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula

Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula
Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula - Di jaman berbasis teknologi seperti sekarang ini, manfaat web blog atau biasa hanya disebut blog banyak dirasakan banyak orang, tergantung tujuan membuat blog dari tiap masing-masing individu tersebut. Tentu saja ada banyak sekali alasan di balik mengapa orang membuat sebuah blog. Ada yang hanya membuat blog hanya karena ikut-ikutan tren, atau bahkan ada yang menggunakannya sebagai lahan untuk berbisnis.

Selain cara pembuatannya yang mudah, blog memang bisa mengakomodasi berbagai tujuan para pembuatnya. Itu lah yang membuat blog semakin populer dan tumbuh subur seperti saat ini. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak memaksimalkan manfaat yang bisa diambil dari blog dan hanya ikut-ikutan saja. Itulah mengapa banyak sekali blog-blog yang terbengkalai, karena tidak diimbangi dengan pengelolaan dan pemanfaatan yang baik. Nah berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan blog yang anda bangun.

1. Target Audiens

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan para blogger pemula. Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan adalah para blogger tidak tahu siapa target audiens yang mereka incar. Sebelum anda membuat sebuah blog, pastikan benar siapa target audiens anda dan apa tujuan membuat blog tersebut. Jika perlu lakukan riset dahulu mengenai konten seperti apa yang target audiens anda inginkan. Jangan sampai anda membuat banyak konten tanpa tahu apakah audience ingin membacanya atau tidak.2

2. Konsistensi Blogging

Anda pasti bersemangat ketika memulai sesuatu yang baru, termasuk blogging untuk para pemula. Menjadi hal yang lumrah ketika anda pada mulanya bersemangat untuk membuat konten baru dan semakin lama menjadi kurang bersemangat. Namun inkonsistensi seperti ini jangan membuat anda berlarut-larut karena akan berdampak buruk terhadap traffic blog anda. Alangkah baiknya sebelum blogging, anda mengatur apa saja yang harus dilakukan. Membuat penjadwalan untuk konten dan ide yang akan anda posting juga akan membantu anda menghindari inkonsistensi. Jangan lupa untuk mempromosikan blog anda, ini akan meningkatkan traffic blog anda.

3. Pertimbangan Search Engine Optimization

Ketika menulis blog alangkah baiknya anda belajar sedikit tentang Search Engine Optimization (SEO). Guna SEO dalam blog adalah untuk membuat blog anda naik peringkat di mesin pencari. Ketika blog anda masuk ke peringkat atas mesin pencari, traffic blog anda juga akan ikut naik dan membuat blog anda semakin laris manis. Anda bisa belajar sendiri sedikit demi sedikit tentang SEO dari berbagai macam tutorial membuat blog yang bertebaran di internet.

4. Headline yang Menarik Perhatian
Hal terpenting lainnya yang sering luput dari para blogger pemula adalah headline yang tidak menarik perhatian. Salah satu tujuan membuat blog adalah mencari pembaca dan pengikut blog anda. Buatlah headline yang menarik perhatian namun jangan terlalu berlebihan. Semakin spesifik anda menulis subjek untuk headline anda akan semakin baik. Ini juga membantu menaikkan peringkat blog anda di mesin pencarian.

5. Perbaiki Struktur Postingan di Blog

Cara penyusunan struktur postingan di blog anda juga mempengaruhi traffic blog anda. Ada tips sederhana untuk memperbaiki postingan anda, sertakan gambar di konten yang anda tulis. Sub headline juga bisa anda tambahkan untuk membantu keterbacaan dan SEO postingan anda.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan blog anda. Kesalahan-kesalahan kecil juga bisa berdampak pada kualitas blog yang anda bangun. Perhatikan selalu konten dan pengelolaan blog anda agar tujuan membuat blog anda dapat terpenuhi secara maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel